DIKLAT Penyusunan Kurikulum SD (KTSP)

July 26, 2010 by   - dibaca 751 kali
Filed under Berita Sekolah

 
 

2 Comments

Pendidikan dan Latihan Penyusunan Kurikulum SD (KTSP) Tahun Pelajaran 2010/2011 ini dilaksanakan mulai tanggal 20-26 Juli 2010 yang terbagi menjadi 3 angkatan. Untuk angkatan ke 3 ini dikuti oleh perwakilan Kepala Sekolah dan Guru dari wilayah Banyuates, Sokobanah, Karangpenang, dan Pangarengan.

Diklat ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sampang yang diwakili oleh Zainal Fatah Arifin, MM (Kabid Tenaga Pendidik dan Kependidikan). Dalam sambitannya beliau mengatakan bahwa “sejak tahun 1975 kurikulum terus berkembang hingga tahun 2006 mengikuti peredaran waktu. Dan semua perubahan dan penyempurnaan tersebut tujuannya hanya untuk meningkatkan kompetensi baik guru maupun siswanya”.

Sementara itu dalam memberikan pengarahan terkai kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan, Drs. H. Abi Kusno, M.Pd (Kepala Bidang Kurikulum dan Pengendalian Mutu TK/RA, SD, SMP, SMA/SMK, PLB) mengajak kita melaksanakan tugas lebih giat lagi demi terwujudnya masyarakat Sampang yang “Cerdas Islami”.

Cerdas Islami ini merupakan Visi Dinas Pendidikan Kabupaten Sampang yang mengandung harapan agar masyarakat mampu bersaing di era global dengan berbekal pendidikan yang berkwalitas dan mampu memanfaatkan peluang dalam mewujudkan kesejahteraan dalam berprilaku, bermasyarakat, dan bernegara.

Adapun materi Diklat yang disampaikan oleh Drs. Abdullah Muslim, yaitu :

1. Standar Isi (Permendiknas No. 22 Tahun 2006)

2. Standar Komptensi Kelulusan (Permendiknas No. 23 Tahun 2006)

3. Standar Proses (Permendiknas No. 41 Tahun 2007)

4. Standar Penilaian Pendidikan (Permendiknas No. 20 Tahun 2007)

Sedangkan yang disampaikan oleh Supandi, yaitu :

1. Pengembangan KTSP

2. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Diklat ini diadakan agar sekolah dalam membuat membuat kurikulum dapat menyesesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing. Selama ini disinyalir hanya sekedar “Copy Paste” dari sekolah lain atau internet

2 Responses to “DIKLAT Penyusunan Kurikulum SD (KTSP)”

  1. abdullah muslim says:

    go……….pend sampang

  2. Mohon bimbingan dan dukungannya…..!

Leave a Reply

 
Layanan ini diselenggarakan oleh TELKOM SOLUTION untuk dunia pendidikan di Indonesia. Mari kita majukan
bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna pada dunia pendidikan Indonesia.